kuliah umum operating system

Senin, 11 Mei 2009

oke ini saatnya saya posting hal yg berhubungan dengan kuliah saya.. hehehe.. bangga mode : on

kuliah umum ini dilaksanakan pada hari selasa, 5 mei 2009 bertempat ruang chevron FT UI.. CMIIW
pembicara : bapak Fuady Hidayat (Microsoft Inovation Center Lead Universitas Indonesia)

tema dari kuliah umum ini adalah TFS dan VSTS..
makhluk apa itu TFS ama VSTS itu sebenernya saya kurang tahu karena saya hadir telat dikarenakan praktikum RE yang telat usainya... hehehe ngga menyalahkan assisten juga lohhh.. hehehe peace..

walaupun begitu saya mencoba menceritakan kembali mengenai kuliah umum tersebut..

VSTS merupakan software yang digunakan oleh anggota perancang software, baik itu system analyst, designer, developer, database professional, tester,dan lainnya. VSTS dapat menjalankan fungsinya sesuai dengan peran anggota yang menggunakan. Sedangkan TFS adalah software yang dijalankan di server. Fungsi dari software ini adalah sebagai tempat menampung seluruh pekerjaan yang telah diselesaikan team. TFS ini membuat seluruh pekerjaan menjadi lebih rapi karena seluruh pekerjaan disatukan pada server. Project manager dari sebuah project memiliki autentikasi untuk mengakses TFS pada server. Akses TFS itu terbatas, hal ini dimaksudkan agar orang-orang yang mengakses TFS adalah orang-orang yang berwenang. (credit to benny).

Dalam software development itu dibutuhkan 3 point:
good process, good people dan good tools.

Maksud dari good people adalah dibutuhkan orang-orang yang berkompeten yang mampu melakukan atau memiliki kemampuan untuk mengerjakan software development tersebut sampai dengan selesai.
good process maksudnya adalah perencanaan dari software development tersebut harus matang dan prosesnya itu sendiri harus dijalankan dengan bertahap jangan sistem yang tidak terencana dengan baik. Good tools disini ditujukan pada software-software pendukung kegiatan software development tersebut sehingga proses development ini berjalan sesuai yang direncanakan dan dapat memenuhi keinginan client. Contoh good tools itu seperti Visual Studio ini.

3 level akses anggota team software :
1. Check out (jangan mikir yg aneh2 :D:D)
Team perancang software hanya bisa mengakses project dari luar, tanpa bisa mengedit project yang telah disubmit di server
2. Check out, local check in (sekali lagi saya ingatkan jangan mikir yg ngga2)
Team perancang software bisa mengakses project dan bisa mengedit dari luar, tapi hasil editan tidak bisa kembali disubmit ke server
3. Check out, check in (sudah ngga perlu saya ingatkan lagi kan??!!)
Akses ini memberikan wewenang kepada team perancang software untuk dapat mengakses, mengedit, dan men-submit kembali project hasil editan.

Inti dari penggunaan kedua software ini adalah untuk membuat perancangan software lebih prosedural. Pekerjaan tiap anggota team diselesaikan sesuai waktunya, dan seluruh pekerjaan dapat dimonitor lebih mudah.

cuma segtu yg ingin saya share ke brad2 skalian.. hehehe..
insya allah bermanfaat.. amiiinn..
wassalam

0 komentar: